FISHUM UNIMUDA SELENGGARAKAN SEMINAR NASIONAL VIRTUAL TANGANI STRES DI MASA PANDEMI COVID-19 👁️️ 218

By Operator Website Kamis, 14 Mei 2020 | 11:08 am Berita

FISHUM UNIMUDA SELENGGARAKAN SEMINAR NASIONAL VIRTUAL TANGANI STRES DI MASA PANDEMI COVID-19

Sorong. Rabu (13/05/20), Sebagai salah satu bentuk kepedulian kepada masyarakat di tengah pandemi Covid-19, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM) Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong menyelenggarakan Seminar Nasional Virtual dengan tema “Mengubah Stres Menjadi Bahagia di Tengah Pandemi” yang ditujukan bagi kalangan akademisi maupun masyarakat luas.

Seminar ini menyajikan beragam informasi terkait pengelolaan stres di masa pandemi lewat beragam perspektif yang disampaikan oleh 5 narasumber yaitu Dr. Rustamadji, M.Si., (Rektor UNIMUDA Sorong), H. Immanuel Sukri Moifilit, S.Pd. I., (Ketua MUI Kabupaten Sorong), Dr. Sulardi, M.Pd., (Ketua PDM Kabupaten Sorong), Ust. Nursono Sidiq (Ketua BPH UNIMUDA Sorong), dan Zainul Anwar, M.Psi., Psikolog. (Wakil Dekan Fakultas Psikologi UMM).

Saya kira sementara yang paling efektif untuk kita dapat tetap senang, produktif, yaitu dengan memanfaatkan dunia maya. Tinggal kita mau apa dan punya kompetensi apa, dan apa yang kita ingin lakukan. Ini mungkin kita perlu mengidentifikasi potensi masing-masing yang selama ini belum pernah dimunculkan dalam dunia maya,” ujar Zainul dalam menjawab salah satu pertanyaan yang diajukan peserta seminar.

Sementara itu, Rektor UNIMUDA Sorong turut menyampaikan bahwa menjadi bahagia meski di tengah pandemi adalah keputusan individu itu sendiri. “Bagaimana mengubah stres menjadi bahagia? Saya sampaikan bahwa bahagia itu keputusan kita. Jadi bahagia itu keputusan kita, langsung kita putuskan bahwa kita ini bahagia. Dengan cara apa? Di dalamnya itu kita harus semangat, tidak boleh mengeluh, harus berpikir positif, orientasi pikirnya itu selalu peluang. Kejadian apapun kita orientasinya peluang. Orientasi juga pada solusi, bukan orientasi pada masalah”, ungkap Rustamadji.

Seminar ini diikuti oleh 100 peserta dari berbagai daerah di Indonesia dengan menggunakan aplikasi video konferensi Zoom Cloud Meeting dan berlangsung selama 2 jam. [nsw/fa].

By Operator Website Kamis, 14 Mei 2020 | 11:08 am