FISHUM WADAHI CALON JURNALIS MUDA DENGAN MENGADAKAN KEGIATAN PEKAN MUDA JURNALISTIK 👁️️ 65

By Operator Website Sabtu, 13 Maret 2021 | 19:21 pm Kegiatan

FISHUM WADAHI CALON JURNALIS MUDA DENGAN MENGADAKAN KEGIATAN PEKAN MUDA JURNALISTIK

FISHUMNews, Sorong, Papua Barat  | Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora menyelenggarakan kegiatan Pekan Muda Jurnalistik Vol. 1 - Workshop dan Perlombaan Mahasiswa dengan tema Dalam Irama Pikiran, Menulis itu Mudah dan Asik yang menghadirkan kak Wahyudi, S.Pd., selaku Jurnalis Radio Republik Indonesia (RRI) Sorong sebagai pemateri dan juga di moderatori oleh Pak Idik Saeful Bahri, M.H., dosen Prodi Hukum yang juga berperan sebagai Ketua Panitia dalam kegiatan ini.

Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk mewadahi minat dan bakat mahasiswa/i UNIMUDA Sorong, khususnya di lingkungan Fakultas Ilmu Sosial dan humaniora (FISHUM) dalam dunia jurnalistik. Namun, ternyata tak hanya mahasiswa/i UNIMUDA saja yang mengikuti kegiatan ini tetapi mahasiswa/i dari kampus lain yaitu dari IAIN Sorong sebanyak 4 orang juga ikut berpartisipasi mengikuti kegiatan ini. Selain itu, kegiatan ini dihadiri langsung oleh Rektor Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong, Bapak Dr. Rustamadji, M.Si., dan Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM), Bapak Aldilla Yulia Wiellys Sutikno, M.H. dan Kegiatan ini dibuka langsung oleh pak Rektor.

dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa "Usia yang paling tepat untuk menulis adalah sekarang, dan di dunian ini tidak ada yang sempurna, termasuk tulisan juga tidak sempurna. Jika ada yang berkata saya tidak mau menulis sampai tulisan saya menjadi sempurna, maka orang tersebut tidak akan pernah menulis bahkan sampai ia mati".

Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari, yaitu di hari Sabtu (13/03/2021) untuk pemaparan materi workshop kemudian dilanjutkan dengan perlombaan menulis berita, opini, deskripsi dan promosi kampus UNIMUDA, serta menulis cerita pendek yang dilanjutkan sampai hari Senin (15/03/2021). Peserta yang mendaftarkan diri yang notabene nya adalah mahasiswa/i terlihat sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini. 

Materi yang dibawakan oleh kak Wahyudi sangat menarik dan selama workshop pun terasa sangat seru ditambah dengan antusias para peserta. Kak Wahyudi mengajak peserta untuk dapat lebih kreatif dengan memberikan beberapa tantangan menulis kepada siswa dengan membagikan snack dan permen kemudian meminta para peserta untuk mendeskripsikan makanan tersebut. Tak hanya itu kak Wahyudi juga memaparkan 3 foto yaitu foto pertama adlaha foto pulau wisata Raja Ampat, gambar kedua adalah potret tarian penyambutan, kemudian gambar ketiga adalah foto wakil presiden pak Ma'ruf Amin dan istri, setelah peserta melihat ketiga gambar ini, kak Wahyudi meminta para peserta untuk mendeskripsikan ketiga gambar tersebut menjadi sebuah cerita ataupun berita.

Dalam workshopnya kak Wahyudi mengatakan bahwa "pepatah mengatakan bahwa, perilaku dan sikap seseorang juga tergantung dari apa yang dia baca, kalau seandainya yang dia baca adalah tentang politik maka dia akan selalu menulis tentang hal tersebut begitupun yang lainnya."

Dalam pemaparannya kak Wahyudi juga memberitahukan aturan-aturan dalam menulis berita yang baik dan benar dan bagaimana cara menyikapi narasumber yang tidak ingin di wawancarai serta masih banyak lagi yang beliau sampaikan. Banyak sekali pelajaran, ilmu dan pengetahuan yang menarik yang diberikan oleh kak Wahyudi sebagai pemateri.

Pada akhir kegiatan workshop ini Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, Bapak Aldilla Yulia Wiellys Sutikno, M.H., memberikan piagam penghargaan kepada kak Wahyudi, S.Pd. sebagai bentuk apresiasi dan rasa terimakasih karena telah bersedia memberikan support dalam bentuk ilmu dengan menjadi pemateri dalam kegiatan Pekan Muda Jurnalistik Vol. 1 - Workshop dan Perlombaan Mahasiswa dengan tema Dalam Irama Pikiran, Menulis itu Mudah dan Asik. 

Adapun tujuan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM) mengadakan Pekan Muda Jurnalistik ini adalah untuk memberi ruang bagi generasi muda khususnya mahasiswa/i yang memiliki potensi dalam menulis, dan untuk mempersiapkan diri dalam perkembangan proses digitalisasi. Dengan dilaksanakannya workshop ini diharapkan mahasiswa/i untuk dapat mengembangkan potensi yang mereka miliki. Dalam dunia Jurnalis juga penting sekali untuk dapat mengetahui dan bijak dalam menyikapi adanya berita-berita bohong atau hoax yang marak terjadi saat ini. [kndp]

By Operator Website Sabtu, 13 Maret 2021 | 19:21 pm