Kampung Sadar Politik 👁️️ 40

By Operator Website Sabtu, 06 Maret 2021 | 10:23 am Kegiatan

Kampung Sadar Politik

Indonesia sebagai negara yang menganut sistem demokrasi dan mengadakan pemilihan umum secara langsung per periode 5 tahun sekali, dalam perkembangannya dari waktu ke waktu mengalami dinamika permasalahan yang sering kali terjadi. Dinamika permasalahan yang sering kali terjadi ketika masa pemilihan umum secara langsung seperti praktek jual beli suara, “serangan fajar”, politik uang dan politik dinasti. Dinamika permasalahan tersebut terkadang bagi orang yang tidak memahami esensi suci politik dan buta politik menjadi sebuah “daging segar”bagi para politikus yang sangat haus kekuasaan dan merusak arti penting dari sakralnya berdemokrasi. Untuk mencegah hal tersebut, timbul rasa dari dalam hati Nurani untuk menyadarkan mereka-mereka yang tidak memahami esensi suci politik dan buta politik.

Upaya pencegahan tersebut sejalan dengan program pengabdian masyarakat yang melibatkan dosen, mahasiswa dan perangkat desa yang merupakan bagian penting dari kerjasama strategis dengan instansi Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong (Unimuda) yang bertemakan “ Pemberdayaan Masyarakat Warmon Kokoda Dalam Menciptakan Kampung Sadar Politik” pada Bulan Desember tahun 2020 di Desa Warmon Kokoda Distrik Mayamuk Kabupaten Sorong. Program Pengabdian Masyarakat di wilayah masyarakat Warmon Kokoda tersebut berisikan materi sejarah dan perkembangan lahirnya ilmu politik dari waktu ke waktu, praktek berpolitik sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad SAW, pengertian dan pemahaman politik, memahami manfaat dari esensi politik bersih dan pemahaman mengenai politik kotor, dan urgensi orang yang mempelajari politik.

 

Program pengabdian masyarakat yang telah dilaksanakan di wilayah Warmon Kokoda tersebut bertujuan untuk memberikan kesadaran apa itu esensi suci dari politik yang sebenarnya, mencegah hal-hal yang berkaitan dengan politik kotor yang disebabkan oleh beberapa individu maupun oknum yang haus kekuasaan, dan yang paling utama masyarakat di wilayah Warmon Kokoda tidak lagi bisa dimanfaatkan begitu saja ketika momen pemilihan umum berlangsung mengingat sangat berpotensinya suara yang berasal dari masyarakat Warmon Kokoda Distrik Mayamuk Satuan Pemukiman III Kabupaten Sorong. [LRA]/[MF]

 

By Operator Website Sabtu, 06 Maret 2021 | 10:23 am