Peduli Korban Bencana, Mahasiswa FISHUM UNIMUDA Adakan Penggalangan Dana 👁️️ 221

By Operator Website Kamis, 28 Januari 2021 | 17:18 pm Berita

Peduli Korban Bencana, Mahasiswa FISHUM UNIMUDA Adakan Penggalangan Dana

Peduli Korban Bencana, Mahasiswa FISHUM UNIMUDA Adakan Penggalangan Dana

Aimas, Sorong - Mahasiswa UNIMUDA Menyelenggarakan BAKTI SOSIAL dengan tema “Aksi Galang Dana Bencana Alam Nusantara” yang diselenggarakan pada Kamis 28 Januari 2021 di tiga titik, yakni Pasar Pagi, Lampu Merah Alun-alun dan Pasar Sore.

Bakti sosial yang diadakan oleh Mahasiswa UNIMUDA ini bertujuan untuk membantu korban bencana melalui upaya-upaya yang dapat diberikan, salah satunya ialah melakukan penggalangan dana di tiga titik . Aksi solidaritas ini merupakan suatu bentuk kepedulian kita terhadap sesama manusia, apalagi di UNIMUDA mahasiswa diajarkan menjaga Hablumminannas dimanapun berada. Konsep Hablumminannas/menjaga harmonisasi merupakan cara menjaga persatuan dan kedamaian pada umumnya, di UNIMUDA pada khususnya.

Berangkat dari niat mulia tersebut, Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM) UNIMUDA yang juga berkerja sama dengan Himpunan Mahasiswa (HIMA) di lingkungan UNIMUDA berharap bahwa dengan terealisasinya kegiatan ini, semoga dapat meringankan sedikit beban para korban bencana, baik yang di Sulawesi Barat maupun yang di Kalimantan Selatan.

“Alhamdulillah kami bisa sedikit membantu saudara-saudara kita yang terkena musibah di Sul-Bar dan Kal-Sel, walau tidak seberapa namun kami harap dengan aksi ini semakin banyak kepedulian-kepedulian dari pihak lain, terutama para dermawan maupun pihak lain”. Ujar Korlap Aksi, Muhammad Rizky Febri.

Gempa Bumi yang terjadi di (Sulbar) dan Banjir di (Kalsel) tentunya menjadi perhatian semua pihak, termasuk mahasiswa. Mahasiswa tidak hanya dituntut untuk berilmu, tetapi ilmu tersebut dapat berguna ketika kita mengamalakannya kepada banyak orang. Aksi kemanusiaan sangat penting dilakukan disetiap daerah, karena menolong satu sama lain tanpa membeda-bedakan satu dengan yang lainnya adalah hakikat dari kebaikan itu sendiri.

“Yah memang benar bahwa anak-anak mahasiswa yang turun aksi kepeduliaan merupakan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM), ada yang dari Program Studi Hukum, Hubungan Internasional, Akuntansi, Ilmu Pemerintahan dan Psikologi. Mereka punya i’tikad baik dalam melihat fenomena alam, perlu didukung kegiatan seperti ini. Karena keilmuan dapat berberkah ketika ilmu kita dirasakan banyak orang, salah satunya yah saling menolong satu sama lain antar sesama manusia tanpa membeda-bedakan. Unimuda sendiri menuntut setiap Dosen maupun Mahasiswa agar menebar kebaikan kepada siapa saja, dimana saja, yang terpenting adalah protokol kesehatan tetap dilaksanakan, berhubung kita masih dalam suasana covid yah.” Jelas Muh Fadli Asri, Dosen FISHUM UNIMUDA.

Walhasil, dengan turunnya mahasiswa FISHUM di tiga titik, apresiasi masyarakat pun luar biasa.  Tidak sedikit yang memuja eksistensi mahasiswa yang ikut dalam aksi kepedulian tersebut. “Ini baru mahasiswa, bukan hanya pendidikan dan akhlak saja yang dipelajari, tetapi unsur sosial dan kemasyarakatan pun dilaksanakan, terlihat bahwa kalian adalah Agen Of Change (Pembawa Perubahan)”. Tegas Pak Alfredo, salah satu warga di Lampu Merah Alun-alun Aimas.

Namun tidak dapat dipungkiri bahwa dalam kegiatan tersebut masih banyak kekurangan atau hambatan yang didapatkan, seperti kurangnya kesadaran khalayak masyarakat dalam membantu menyalurkan 1000 rupiahnya untuk saudara-saudara kita yang terkena korban bencana alam. “Masih banyak masyarakat tidak pekah dengan sikon hari ini, saya heran hal seperti ini masih terjadi di Indonesia  yang punya banyak sumber kekayaan, 1000 Rp pun enggan untuk diberikan, padahal keikhlasan mereka dalam membantu kan dapat pahala juga”. Ujar Iwan Mahasiswa Hukum UNIMUDA Sorong.

Selanjutnya setelah penggalangan dana dilaksanakan oleh mahasiswa/i Fishum Unimuda, dana yang terkumpul tersebut akan dikirim langsung ke Sulawesi Barat dan Kalimantan Selatan, tentunya melalui pihak berwewenang yang sudah diatur sejak awal terkait kerja samanya. “Alhamdulillah aksi di tiga titik telah selesai, dan saya bersama kawan-kawan akan mengantarkan hasil kegiatan mulia ini kepada pihak berwewenang untuk diteruskan sebagaimana mestinya.” Jelas Rizky, Korlap Aksi.

Dalam aksi solidaritas ini tentunya kita dapat memperkokoh persaudaraan, lebih memperhatikan teman, kerabat dan masyarakat untuk menunjukkan rasa teloransi. Mudah- mudahan bencana seperti ini tidak lagi bertambah di wilayah Indonesia, kita doakan bersama supaya para masyarakat yang terkena musibah tersebut dalam keadaan sehat dan dapat kembali beraktivitas seperti biasa. Dalam kondisi seperti ini mereka juga sangat membutuhkan doa kita semua. “Tegas Pak Aldilla, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM) UNIMUDA Sorong. (MA)

By Operator Website Kamis, 28 Januari 2021 | 17:18 pm